Hari Raya Siwaratri

Buat yang hindu met ngerayain hari raya Siwaratri ya… =)

Sebelumnya udah pada taw belum sih makna hari raya Siwaratri yang sebenernya?semua pada bilang malam penebusan dosa..apa bener dosa bisa dihapus semudah itu..?

Siwaratri adalah hari suci untuk melaksanakan pemujaan ke hadapan Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa dalam perwujudannya sebagai Sang Hyang Siwa. Hari Siwaratri mempunyai makna khusus bagi umat manusia, karena pada hari tersebut Sang Hyang Siwa beryoga.

Sehubungan dengan itu umat Hindu melaksanakan kegiatan yang mengarah pada usaha penyucian diri, pembuatan pikiran ke hadapan Sang Hyang Siwa, dalam usaha menimbulkan kesadaran diri (atutur ikang atma ri jatinya).

Sebenernya Siwaratri bukanlah malam penebusan dosa..tp malam penyadaran dosa..kenapa??

  1. Siwaratri artinya Siwa = Tuhan/ Bhatara Siwa; ratri = malam. Atau malamnya Bhatara Siwa/ Tuhan, saat yang tepat bagi manusia untuk merenungi kehidupan di masa lampau serta sadar/ eling pada dosa-dosa yang terlanjur, baik sengaja atau tidak sengaja telah terjadi. Kemudian berjanji dan menguatkan tekad untuk tidak mengulangi dosa. Demikian halnya dengan kisah Lubhdaka di mana setelah siwaratri dia tidak lagi berbuat dosa.
  2. Dosa manusia tidak dapat dihapus/ dilebur, dan harus dipertanggungjawabkan oleh roh/ atman kepada Bhatara Yamadipati (Tuhan) di saat ‘mantuk ke sunia’. Namun demikian, dosa dapat diimbangi dengan perbuatan dharma. Ibarat sinar matahari yang tetap terik, namun bila ada angin segar berhembus atau matahari tertutup mega, maka sinarnya yang panas tidak terasa.
  3. Kesadaran itulah yang perlu ditumbuhkan di saat melakukan brata siwaratri.

Siwaratri juga dikaitkan dengan cerita yang klo ditafsirkan sembarangan, bisa ditafsirkan Siwaratri sebagai malam penebusan dosa..Cerita siwaratri dikaitkan dengan cerita Lubdaka. Konon, pada malam siwaratri, dewa siwa sebagai manifestasi tuhan melakukan yoga. Saat yang bersamaan, dikisahkan seorang pemburu bernama lubdaka kemalaman di hutan dan akhirnya menginap. agar tidak dimakan binatang buas, si lubdaka naik ke pohon dan agar tetap terjaga, sebagai pengusir kantuk, si lubdaka memetik dan menjatuhkan daun-daun pohon yang dipanjatnya. Dewa siwa konon sangat senang karena lubdaka terjaga dan ‘menemani’ dewa siwa melakukan yoga. maka ketika lubdaka meninggal, saat lembaga yudikatif kahyangan, dalam hal ini dewa yama melakukan pengadilan, datanglah satu batalyon tentara sorga yang dikirim oleh dewa siwa, dan membawa lubdaka ke sorga. padahal, dewa yama hendak mengirimnya ke neraka karena profesi pemburu adalah dosa, membunuhi binatang2 tak berdosa demi kesenangan. sementara, dewa siwa sudah terlanjur ‘sayang’ dengan lubdaka yang menemaninya suatu malam beryoga, sehingga melakukan intervensi pada putusan lembaga yudikatif kahyangan pimpinan dewa yama.

Apa aja sih yang harus qt lakuin waktu Siwaratri??Yup..Brata Siwaratri..

Brata Siwarâtri terdiri dari:

Utama, melaksanakan:
1. Monabrata (berdiam diri dan tidak berbicara).
2. Upawasa (tidak makan dan tidak minum).
3. Jagra (berjaga, tidak tidur).

Madhya, melaksanakan:
1. Upawasa.
2. Jagra.

Nista, hanya melaksanakan:
1. Jagra.

Monabrata berlangsung dan pagi hari pada panglong ping 14 sasih Kapitu sampai malam (12 jam).

Upawasa berlangsung dan pagi hari pada panglong ping 14 sasih Kapitu sampai dengan besok paginya (24 jam).

Setelah itu sampai malam (12 jam) sudah bisa makan nasi putih dengan garam dan minum air putih (air tawar tanpa gula).

Jagra yang dimulai sejak panglong ping 14 berakhir besok harinya jam 18.00 (36 jam).

Nah..klo udah taw makna dan caranya..qt bisa mulai buat ngerayain hari raya Siwaratri dengan baik..=)

 

source : here, here , here

source gambar : here

 

About these ads

9 responses to this post.

  1. Posted by ketut on 14 Januari 2010 at 11:29 AM

    bagai mana sih melakukan brata pada saat hari siwa latri?
    saya belum paham dengan penjelasan di atas……….

  2. Posted by mery89 on 14 Januari 2010 at 11:45 AM

    klo dari artikel diatas brata siwaratri ada 3 :
    1. berdiam diri dan tidak berbicara : dari pagi hari sampe malem (12 jam) –> 06.00 – 18.00
    2. tidak makan dan tidak minum : dari pagi sampai pagi berikutnya (24 jam) –> 06.00 – 06.00
    tapi sampe jam 18.00 bisa makan nasi putih dengan garam dan minum air putih (air tawar tanpa
    gula).
    3. tidak tidur : pagi sampe bsk hari jam 18.00 (36 jam) –> 06.00 – 18.00 (keesokan harinya)

    klo bsa ke 3 nya utama..klo cman 1 ama 2 itu madhya..klo cman no 3 aja itu nista..=)

    sepemahaman saya seperti itu..maaf jika salah..=)

  3. Posted by christy on 14 Januari 2010 at 3:39 PM

    Selamat Hari Siwaratri…
    Tuhan memberkati .. :)

  4. Posted by mery89 on 14 Januari 2010 at 11:02 PM

    selamat hari raya siwaratri jg christy..=)

  5. orang Bali, ya?
    Saya juga tinggal di Bali ni…
    Selamat hari raya Siwaratri, ya… (semalam begadang dong, ya?)

  6. Posted by mery89 on 15 Januari 2010 at 7:06 AM

    yup orang bali..=)
    tidak..hanya sampai jam 1 pagi…karna hari ini jg ada acara pagi2..=)

  7. Posted by Benedikt Agung Widyatmoko on 15 Januari 2010 at 10:53 AM

    Terimakasih pembelajarannya :) Salam hangat.

  8. selamat merayakan hari raya siwalatri, semoga kita sebagai manusia semakin sadar akan bahwa kita hiduo di dunia ini untuk menjalankan karma yang telah kita perbuat.
    baik karma yang kita lakukan pada masa lalu atau di kehidupan sekarang ini. untuk itu kita harus menjadi manusia yang sadar akan bahwa setiap karma pasti ada yang namanya pahala( hasil )
    untuk itu berbuat lah yang baik , agar hasil yang kita peroleh juga baik.
    mari kita merenung sejenak di hari yang kita sucikan ini. semoga ida Sang Hyang SIWA memberikan kita anugrah agar kita menjadi manisia yang sadar dan mampu mengendalikan diri,
    agar dapat mencapai kebahagiaan,Moksatam jagathita ya caiti darma,,

  9. Yang penting sucikan hati,pikiran tetap jagra ( bukan begadang tanpa makna )

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: